Kamis, 17 Maret 2016

PENJABARAN KISI - KISI UN TH 2016 IPA FISIKA (soal no 1 – 20)



PENJABARAN KISI - KISI UN TH 2016 IPA FISIKA (soal no 1 – 20)

MATERI
INDIKATOR SOAL
LEVEL KOGNITIF
NOMOR SOAL
Pengukuran
1.   Disajikan gambar, peserta didik dapat menuliskan hasil pengukuran dengan menggunakan neraca
2  menerapkan
1 – Paket 1
2.   Disajikan gambar, peserta didik dapat menuliskan hasil pengukuran dengan menggunakan jangka sorong
2  menerapkan
1 – Paket 2
3.   Disajikan gambar, peserta didik dapat menuliskan hasil pengukuran dengan menggunakan neraca
2  menerapkan
1 – Paket 3
Besaran dan satuan
1.   Disajikan tabel besaran, satuan dan alat ukur peserta didik dapat menunjukkan besaran pokok, satuan dan alat ukur yang benar
1 menunjukkan
2 – Paket 1
2.   Disajikan tabel besaran, satuan dan alat ukur peserta didik dapat menunjukkan besaran pokok, satuan dan alat ukur yang benar
1 menunjukkan
2 – Paket 2
3.   Disajikan data hasil pengamatan, peserta didik dapat menunjukkan besaran pokok yang benar
1 menunjukkan
2 – Paket 3
Konsep zat dan wujudnya
1.   Disajikan tabel sifat-sifat benda, peserta didik dapat menjelaskan sifat-sifat zat padat, cair dan gas
1 menjelaskan
3 – Paket 1
2.   Disajikan 4 pernyataan tentang ciri-ciri wujud zat, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri wujud zat gasisajikan gambar susunan partikel zat, peserta didik dapat menjelaskan sifat-sifat zat cair
1 menjelaskan
3 – Paket 2
3.   Disajikan  pernyataan tentang molekul  zat, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri molekul gas
1 menjelaskan
3 – Paket 3
Zat beserta perubahannya
1.   Diberikan beberapa macam perubahan zat, peserta didik dapat mengklasifikasikan perubahan fisika
2 mengklasifikasi
4 – Paket 1
2.   Diberikan beberapa macam perubahan zat, peserta didik dapat mengklasifikasikan perubahan kimia
2 mengklasifikasi
4 – Paket 2
3.   Diberikan beberapa macam perubahan zat, peserta didik dapat mengklasifikasikan perubahan  kimia
2 mengklasifikasi
4 – Paket 3
Campuran dan larutan
1.   Disajikan beberapa zat, peserta didik dapat  mengklasifikasikan yang termasuk campuran
2 membedakan
5 – Paket 1
2.   Disajikan beberapa zat, peserta didik dapat  membedakan senyawa dengan campuran
2 membedakan
5 – Paket 2
3.   Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat membedakan ciri senyawa dengan campuran
2 membedakan
5 – Paket 3
Gerak lurus
1.   Disajikan pernyataan 2 buah benda bergerak dengan kecepatan dan arah yang berbeda pada lintasan yang sama, peserta didik dapat menentukan waktu saat keduanya bertemu
3 analisis
6 – Paket 1
2.   Disajikan pernyataan 2 buah benda bergerak dengan kecepatan dan arah yang berbeda pada lintasan yang sama, peserta didik dapat menentukan posisi awal bertemunya kedua benda tersebut
3 analisis
6 – Paket 2
3.   Disajikan pernyataan 2 buah benda bergerak dengan kecepatan dan arah yang berbeda pada lintasan yang sama, peserta didik dapat menentukan waktu saat keduanya bertemu
3 analisis
6 – Paket 3
Hukum Newton
1.   Peserta didik dapat menghitung percepatan benda jika gaya dan massa benda diketahui
2 menghitung
7 – Paket 1
2.   Gambar sebagai option, peserta didik dapat menghitung percepatan benda jika gaya dan massa benda diketahui
2 menghitung
7 – Paket 2
3.   Gambar sebagai option, peserta didik dapat menentukan percepatan terbesar pada benda jika gaya dan massa benda diketahui
2 menghitung
7 – Paket 3
Usaha
1.   Disajikan gambar posisi benda terhadap benda lain,  perpindahan dan gaya yang bekerja pada  benda diketahui, peserta didik dapat menentukan besar usaha yang dilakukan
2 menghitung
8 – Paket 1
2.   Disajikan gambar beberapa gaya yang bekerja dan perpindahan  benda, peserta didik dapat menentukan besar usaha yang dilakukan
2 menghitung
8 – Paket 2
3.   Disajikan gambar benda dengan tiga buah gaya , peserta didik dapat menghitung usaha yang dilakukan jika perpindahan benda diketahui
2 menghitung
8 – Paket 3

Energi
1.   Disajikan gambar posisi mobil yang bergerak, kecepatan benda diketahui, peserta didik dapat menentukan perbandingan energi kinetiknya
2 membandingkan
9 – Paket 1
2.   Diberikan pernyataan dua buah benda yang memiliki massa sama dan energi kinetik yang berbeda, peserta didik dapat membandingkan kecepatan kedua benda tersebut
2 membandingkan
9 – Paket 2
3.   Disajikan gambar lintasan bola, peserta didik dapat menentukan posisi bola yang memiliki energi potensial terkecil dan terbesar
2 membandingkan
9 – Paket 3
Pesawat sederhana
1.   Disajikan gambar tuas, peserta didik dapat menghitung kuasa jika unsur lain diketahui
2 menghitung
10 – Paket 1
2.   Disajikan gambar tuas, peserta didik dapat menentukan posisi titik tumpu, dan beban untuk menghasilkan F (kuasa) terkecil
2 menghitung
10 – Paket 2
3.   Disajikan gambar tuas, peserta didik dapat menentukan posisi titik tumpu, dan beban untuk menghasilkan F (kuasa) terbesar
2 menghitung
10 – Paket 3
SUHU
1.   Peserta didik dapat menjelaskan apa yang dirasakan jika berada pada ruangan yang diketahui suhunya dalam skala Fahrenheit.   
2: Menghitung
11 – Paket 1
2.   Peserta didik dapat menentukan suhu pada skala Fahrenheit jika suhu pada skala Celcius diketahui.   
2: Menghitung
11 – Paket 2
3.   Peserta didik dapat menentukan tindakan yang perlu dilakukan jika berada pada ruangan yang diketahui suhunya dalam skala Fahrenheit.  
2: Menghitung
11 – Paket 3
KALOR
1.   Disajikan diagram, peserta didik dapat menentukan jumlah kalor yang diperlukan atau dilepaskan untuk menaikkan/menurunkan suhu dan atau mengubah wujud zat.
2: Menghitung
12 – Paket 1
2.   Disajikan diagram, peserta didik dapat menentukan besarnya kalor yang diperlukan atau dilepas oleh benda pada proses tertentu jika variabel lain diketahui.
2: Menghitung
12 – Paket 2
3.   Peserta didik dapat menentukan kenaikan suhu suatu benda yang mendapat kalor, jika variabel lain diketahui.
2: Menghitung
12 – Paket 3
TEKANAN
1. Disajikan gambar sejumlah balok dengan ukuran tertentu pada lantai, peserta didik dapat membedakan besar tekanan balok pada lantai.
1: Membedakan
13 – Paket 1
2. Disajikan gambar sebuah balok bermassa tertentu beserta ukuran panjang, lebar, dan tingginya di lantai, peserta didik dapat menentukan besar tekanan balok pada lantai.
1: Menghitung
13 – Paket 2
3. Disajikan gambar benda-benda di dalam wadah berisi zat cair, peserta didik dapat membedakan tekanan yang dialami benda pada kedalaman yang berbeda.
1: Membedakan
13 – Paket 3
TATA SURYA
1.   Siswa dapat menjelaskan sifat atau karakteristik dua planet tertentu dalam sistem tatasurya.
1: Menjelaskan
14 – Paket 1
2.   Siswa dapat menjelaskan sifat atau karakteristik planet Saturnus atau planet lain.
1: Menjelaskan
14 – Paket 2
3. Siswa dapat memberikan contoh fenomena alam yang disebabkan oleh rotasi bumi.
1: Menjelaskan
14 – Paket 3
GETARAN
1. Disajikan gambar bandul yang diayunkan beserta waktu yang diperlukan untuk mencapai gerakan tertentu, peserta didik dapat menentukan frekuensi ayunan.
2: Menghitung
15 – Paket 1
2. Disajikan gambar bandul yang diayunkan beserta waktu yang diperlukan untuk mencapai gerakan tertentu, peserta didik dapat menentukan periode dan frekuensi ayunan.
2: Menghitung
15 – Paket 2
3. Disajikan gambar tali yang digetarkan secara vertikal beserta besaran yang terkait, peserta didik dapat menentukan frekuensi dan panjang gelombang yang terjadi.
2: Menghitung
15 – Paket 3
GELOMBANG
1.  Disajikan gambar dan data gelombang trasversal, peserta didik dapat menentukan cepat rambat gelombang.
2: Menghitung
16 – Paket 1
2.  Disajikan gambar dan data gelombang trasversal, peserta didik dapat menentukan salah satu besaran, jika besaran lain diketahui.
3: Menganalisis
16 – Paket 2
3. Disajikan gambar gelombang longitudinal beserta data-datanya, peserta didik dapat menentukan frekuensi atau cepat rambat  gelombang.
3: Menganalisis
16 – Paket 3
BUNYI
1. Peserta didik dapat menentukan dalamnya laut jika kecepatan bunyi di air  dan selang waktu bunyi datang dan bunyi pantul diketahui.
2: Menghitung
17 – Paket 1
2. Peserta didik dapat membandingkan tinggi-rendah atau keras-lemah bunyi yang dihasilkan oleh botol berisi air yang dipukul dan ditiup.
3: Menganalisis
17 – Paket 2
3. Peserta didik dapat menentukan jarak sumber bunyi ke pendengar jika kecepatan bunyi di udara dan selang waktu bunyi datang atau bunyi pantul diketahui.
2: Menghitung
17 – Paket 3
OPTIK
1.   Disajikan gambar objek di depan lensa cembung, peserta  didik dapat  menentukan letak dan sifat bayangan yang dibentuk jika jarak fokus lensa dan jarak benda diketahui.
2: Menghitung
18 – Paket 1
2.   Disajikan gambar pembentukan bayangan pada mata, peserta didik dapat menentukan cacat mata dan jenis kacamata yang diperlukan untuk menolong.
2: Menghitung
18 – Paket 2
3. Disajikan gambar benda di depan cermin cekung yang jarak fokus dan jarak bendanya diketahui, siswa dapat menentukan letak dan sifat bayangan yang terbentuk.
3: Menganalisis
18 – Paket 3


LISTRIK
1. Disajikan gambar rangkaian 4 bolam yang disusun secara paralel dan seri beserta 3 saklar, peserta didik dapat menentukan lampu mana yang menyala jika salah satu atau 2 saklar ditutup.
3: Menganalisis
19 – Paket 1
2. Disajikan gambar rangkaian 2 penghambat yang disusun secara paralel, peserta didik dapat menentukan kuat arus pada titik cabang atau pada salah  satu cabang jika ggl dan hambatan dalam sumber tegangan  diketahui.
2: Menghitung
19 – Paket 2
3. Peserta didik dapat menghitung besar energi listrik dan atau bersar tagihan rekening listrik dalam satu bulan jika jumlah dan jenis alat serta daya dan waktu pemakaiannya diketahui
2: Menghitung
19 – Paket 3
MAGNET
1.   Disajikan gambar 3 magnet cincin disusun secara vertiksal sehingga 2 magnet cincin yang di atas dapat melayang, peserta didik dapat menentukan jenis kutub pada masing-masing magnet.
3: Menganalisis
20 – Paket 1
2.   Disajikan gambar transformator yang diketahui jumlah lilitan primer dan tegangan input, peserta didik dapat menentukan tegangan output atau jumlah lilitan sekunder jika salah satu variabel tersebut diketahui.
2: Menghitung
20 – Paket 2
3. Disajikan gambar pembuatan magnet dengan cara elektromagnet, peserta didik dapat menentukan kutub magnet dan atau sifat magnet yang dihasilkan atau interaksi antar kutubnya.
3: Menganalisis
20 – Paket 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar