CONTOH JABARAN KISI-KISI UN 2016
MATA PELAJARAN:IPA-BIOLOGI
TINGKAT: SMP
No
|
Materi
|
Indikator
|
Level Kognitif
|
No
Urut
|
||
L1
|
L2
|
L3
|
||||
1
|
Gejala Alam Biotik dan Abiotik
|
Disajikan
data hasil pengamatan lingkungan, peserta didik dapat mengidentifikasi gejala
alam biotik dan abiotik
|
√
|
21
|
||
2
|
Penggunaan alat Lab
|
Disajikan
gambar cara menggunakan mikroskop, peserta didik dapat mengurutkan langkah kerja dalam menggunakan
mikroskop
|
√
|
22
|
||
3
|
Ciri-ciri
Makhluk Hidup
|
Disajikan
gambar aktifitas makhluk hidup, peserta didik dapat mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
|
√
|
23
|
||
4
|
Klasifikasi Makhluk hidup
|
Disajikan
pernyataan/deskripsi tentang keanekaragaman makhluk hidup peserta didik dapat
memberi contoh prosedur pengklasifikasian makhluk hidup
|
√
|
24
|
||
5
|
Organisasi Kehidupan
|
Disajikan gambar salah satu organisasi kehidupan, peserta didik
dapat mengidentifikasi keragaman pada sistem organisasi kehidupan tersebut.
|
√
|
25
|
||
6
|
Ekosistem
|
Disajikan gambar ekosistem, peserta didik dapat mengidentifikasi
interaksi antara makhluk
|
√
|
26
|
||
7
|
Kepadatan populasi
manusia hubungannya
dengan lingkungan
|
Disajikan grafik, peserta didik dapat memprediksi dampak
lingkungan akibat kepadatan populasi manusia
|
√
|
27
|
||
8
|
Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan hubungannya dengan
aktifitas manusia
|
Disajikan gambar
pencemaran/kerusakan lingkungan, peserta didik dapat memberi contoh
usaha mengatasi pencemaran/kerusakan lingkungan
|
√
|
28
|
||
9
|
Sistem
Gerak pada manusia
|
Disajikan gambar alat gerak, peserta didik dapat menjelaskan arah
gerak sendi tertentu
|
√
|
29
|
||
10
|
Sistem
Pencernaan pada manusia
|
Disajikan gambar sistem pencernaan pada manusia, peserta didik
dapat menjelaskan fungsi enzim yang dihasilkan oleh bagian organ pencernaan
yang ditunjuk
|
√
|
30
|
||
11
|
Sistem
Pernapasan pada manusia
|
Disajikan gambar sistem pernafasan, peserta didik dapat
menjelaskan fungsi organ yang ditunjuk
|
√
|
31
|
||
12
|
Sistem
peredaran darah pada manusia
|
Disajikan gambar sistem transpor, peserta didik dapat menjelaskan
peredaran darah pada manusia
|
√
|
32
|
||
13
|
Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
|
Disajikan
gambar struktur organ tumbuhan, peserta didik dapat menjelaskan fungsi organ
yang ditunjuk
|
√
|
33
|
||
14
|
Fotosintesis
|
Disajikan
gambar/pernyataan tentang proses percobaan fotosintesis, peserta didik dapat
menyimpulkan dari proses tersebut
|
√
|
34
|
||
15
|
Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Disajikan
gambar alat ekskresi pada manusia, peserta didik dapat menjelaskan
fungsi/proses pada bagian yang ditunjuk
|
√
|
35
|
||
16
|
Sistem
reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada
manusia
|
Peserta
didik dapat menjelaskan fungsi bagian organ reproduksi pada manusia
|
√
|
36
|
||
17
|
Pewarisan
Sifat
|
Disajikan
pernyataan/kasus/data tentang pewarisan sifat monohibrid/dihibrid, peserta
didik dapat menentukan rasio genotip/fenotip pada F2
|
√
|
37
|
||
18
|
Penerapan
bioteknologi
|
Disajikan
data/pertnyataan /kasus tentang pemanfaatn bioteknologi, peserta didik dapat
menjelaskan keuntungan dan kerugian dari penerapan bioteknologi modern
|
√
|
38
|
||
19
|
Zat
aditif makanan
|
Disajikan
pernyataan tentang zat aditif yang di tambahkan pada bahan manakanan, peserta
didik dapat menentukan jenis zat aditif/kimia yang di tambahkan dalam bahan
makanan tersebut
|
√
|
39
|
||
20
|
Zat
adiktif dan Psikotropika
|
Disajikan
pernyataan/data/kasus tentang penggunaan zat adiktif/psikotropika,
peserta didik dapat menjelaskan pengaruh dari penggunaann zat adiktif / psikotropika.
|
√
|
40
|
Yang fisika ada pak?
BalasHapus